Pengobatan Dan Pencegahan Kanker Usus Besar


Pengobatan Kanker Usus Besar


Peyakit ini penyebab kedua kematian yang disebabkan oleh kanker di dunia Barat. Kanker usus besar menyebabkan 655.000 kematian di seluruh dunia setiap tahun. Banyak kanker usus besar yang diketahui berasal dari polip adenoma pada usus dan penumpukan tinja akibat konstipasi yang terlalu lama.

Jenis pengobatan apa yang akan dilakukan oleh dokter tergantung pada stadium dan keparahan kanker.

Operasi.  metode operasi yang dilakukan untuk kanker usus ini, seperti :
·         Operasi lokal dan polipectomi. Melakukan sayatan pada perut. Dengan cara memasukkan sebuah alat khusus melalui rektum atau anus menuju usus besar kemudian kanker diangkat.
·         Bedah usus. Membuang bagian usus besar yang terkena kanker dan kemudian usus besar akan disambung kembali
·         Reaksi dan kolostomi. Kolostomi adalah pembuatan sebuah lubang di dinding abdomen untuk mengeluarkan feses. Lubang ini dikenal dengan nama stoma dan terhubung ke alat serta kantong kolostomi. Bisa bersifat sementara, tapi bisa juga bersifat permanen.


Radioterapi. Untuk menurunkan tingkat kekambuhan kanker usus besar. Efek sampingnya menjadi sering buar air kecil, diare, lelah, mual, dan kulit di sekitar anus atau panggul terasa panas.

Ada dua jenis radioterapi, yakni :
·         Radioterapi internal.
·         Radioterapi eksternal.

Kemoterapi. Sebelum operasi, bisa dilakukan kemoterapi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker baru, dan juga untuk membunuh dan membinasakan sel kanker. Efek sampingnya mual, muntah, lelah, kaki dan tangan terasa gatal atau panas, sariawan, diare, dan rambut rontok.

Imunoterapi. Imunoterapi dapat meningkatkan imunitas dan kualitas hidup pasien; tanpa trauma, tidak sakit, tidak perlu rawat inap, juga dapat menurunkan efek samping dari radioterapi.

Pencegahan Kanker Usus Besar

·         Mengonsumsi makanan sehat. Konsumsilah makanan yang kaya akan serat
·         Jangan merokok dan jangan mengonsumsi minuman keras atau alkohol
·         menjaga berat badan dan olahraga secara rutin.
·         dideteksi sedini mungkin dengan melakukan skrining







Artikel Terkait Pengobatan Dan Pencegahan Kanker Usus Besar :

Powered by Blogger.