Gejala Kanker Tiroid

Kanker tiroid adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali yang berkembang pada kelenjar tiroid. Tiroid adalah kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di leher bagian depan dan berfungsi untuk mengatur denyut jantung, berat badan, tekanan darah, suhu tubuh, pertumbuhan dan metabolisme.

Tiroid berfungsi untuk mengeluarkan hormon-hormon seperti, triiodothyronin (T3) dan thyroxine (T4), Calcitonin. Kanker tiroid terbagi menjadi empat jenis yaitu :

Karsinoma papiler. Merupakan kanker tirooid yang sering terjadi. Pada umumnya kanker ini menyerang wanita dengan usia dibawah 40 tahun. Sebanyak 60% kasus kanker tiroid merupakan kanker jenis ini.

Karsinoma folikuler. Dari semua kasus kanker tiroid, 15% merupakan karsinoma folikuler. Kanker jenis ini biasanya menyerang orang lanjut usia.

Karsinoma medular tiroid. Kanker jenis ini dapat terjadi secara turun temurun, meskipun penderitanya hanya 5-8 persen saja.

Karsinoma tiroid anaplastik. Jenis ini merupakan kanker tiroid yang paling ganas tapi jarang terjadi. Umumnya penderita kanker tiroid jenis ini adalah orang yang sudah berusia 60 tahun ke atas.

Sebagian besar pembengkakan memang disebabkan oleh kondisi yang kita kenal dengan nama penyakit gondok. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Tapi bisa jadi itu merupakan gejala kanker tiroid.

Gejala kanker tiroid :
  • Timbulnya benjolan pada leher bagian depan, dan jika disentuh biasanya tidak terasa sakit.
  • Sakit tenggorokan.
  • Kesulitan saat menelan.
  • Suara menjadi serak dan tidak kunjung sembuh.
  • Terasa sakit pada bagian leher.
  • Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening.
Kanker tiroid termasuk kanker yang dapat disembuhkan dengan mudah jika kanker baru memasuki stadium awal. Maka dari itu segera memeriksakan diri ke dokter apabila Anda merasakan gejala-gejala kanker tiroid di atas.

Artikel Terkait Gejala Kanker Tiroid :

Powered by Blogger.